Indahnya Sunset Pangandaran

Indahnya Sunset Pangandaran

Objek wisata Pantai Pangandaran di Kabupaten Ciamis menjadi buruan para wisatawan untuk menghabiskan liburan panjang kali ini. Sekalipun jaraknya lumayan jauh dari Kota Bandung, sekitar 200 km arah timur laut. Namun tetap saja, Pantai Pangandaran jadi tempat panjugjugan para wisatawan. Mereka yang datang ke Pantai Pangandaran untuk menikmati keindahan alam dan pantai Pangandaran yang memesona. Terlebih jika sore menjelang, kawasan pantai barat Pangandaran pasti disesaki para wisatawan yang ingin menyaksikan indahnya sunset pangandaran yang akan tenggelam diujung garis laut.

Momen indah ini tentunya menjadi buruan bagi para wisatawan yang senang mengabadikan peristiwa alam tersebut dengan menggunakan aneka kamara termasuk kamera handphone. Sinar sunset yang kuning kemerahan dipantulkan melalui laut menjadikan suasana begitu romantis. Sementara langit yang hibar kemerahan menambah suasana semakin romantis. Tentunya suasana ini banyak dimanfaatkan kalangan muda-mudi untuk memadu kasih sambil menyaksikan indahnya sunset Pangandaran. Sedangkan yang ingin menyaksikan sunrise, Anda tinggal melangkah ke kawasan pantai timur. Lokasinya tidak jauh dari pantai barat, paling jaraknya antara 500 meter – 1 km. Di kawasan pantai timur ini, selain bisa menyaksikan dan menikmati sunrise, Anda pun bisa menyaksikan para nelayan yang baru turun dari laut.

Para nelayan ini mendarat ke pantai timur setelah mencari ikan semalaman di laut lepas. Atraksi yang tak jauh menarik, yakni atraksi jaring ikan. Dimana para nelayan di darat menarik jala ukuran besar dan lebar yang sebelumnya ditebar di tengah lautan. Bukan hanya menyaksikan, Anda pun bisa turut merasakan menarik jala dengan cara yang sederhana. Berburu ikan segar tentunya menu yang tak boleh Anda lewatkan. Anda bisa membeli langsung dari nelayan, atau ikut adu tawar di tempat pelelangan ikan (TPI). Kesibukan para nelayan dan penadah di TPI bisa menjadi pemandangan yang unik. Yang satu menawar dengan harga murah, yang satu lagi bertahan diharga tinggi. Bila mencapai kesepakatan harga, proses jual beli pun terealisasi.

Keindahan pantai Pangandaran memang tidak ada duanya. Para pengunjung bisa mandi sepuasnya di pantai yang luas dengan ombak yang terbilang ramah (jika musim timur). Tapi kalau musim angin barat, harus ekstra hati-hati terutama saat mandi di pantai. Anda harus senantiasa waspada gulungan ombak sekalipun kecil bisa menyeret Anda ke tengah lautan. Selain itu, banyak terdapat pusaran air yang bisa menjebak Anda di dalam air. Oleh karena itu, penjaga pantai atau balawista setiap saat selalu memperingatkan wisatawan untuk berlaku hati-hati dan tidak melewati bendera merah tanda bahaya saat berenang. Jika hal ini tidak diindahkan, risiko ditanggung sendiri.

Selain memiliki pantai yang bisa direnangi yang membentang sejauh 10 km, pantai Pangandaran pun memiliki pasir putih dibagian ujung Pananjung Pangandaran atau tepatnya dikawasan Cagar Alam. Untuk bisa sampai ke pasir putih, Anda bisa menggunakan perahu wisata yang disewakan warga setempat. Cukup merogoh kocek antara Rp 15.000 hingga Rp 25.000, Anda akan diantarkan dengan selamat ke pantai pasir putih. Namun bagi Anda yang gemar berpetualang, mengelilingi pananjung cagar alam bisa jadi pilihan. Dengan menyewa satu perahu seharga Rp 150 ribu, Anda bisa menyaksikan keindahan alam pantai Pangandaran dari sisi lainnya. Banyak lokasi yang bisa dilihat, seperti batu layar, karang bolong, taman laut dan sebagainya. Memang untuk bisa menyaksikan keindahan Pangandaran di sisi lain ini dibutuhkan keberanian berlebih. Pasalnya, Anda hanya bisa mengarungi lautan lepas dengan menggunakan perahu sewaan untuk bisa menyaksikan eksotisme Pangandaran, selain di kawasan pantai barat dan pantai timur.

sunset di pangandaran

Bagi yang senang nuansa hutan, Anda bisa berpetualang di cagar Alam Pananjung Pangandaran. Di kawasan cagar alam ini, sejumlah objek bisa Anda singgahi dan telusuri, seperti goa peteng, goa parat, batu gamelan, patilasan Prabu Siliwangi, situs sejarah peninggalan Kerajaan Pajajaran, serta benteng pertahanan Jepang. Anda pun bisa menyaksikan sejumlah hewan liar, seperti kijang, monyet ekor panjang, landak, serta sejumlah burung laut dan burung liar. Bila kawenehan, Anda bisa menemukan banteng yang ada dikawasan tegalan cagar alam.

Untuk masalah penginapan, jangan takut ada ratusan bahkan ribuan penginapan dan rumah warga yang bisa disewa dengan harga terjangkau. Sedangkan bagi yang senang berbelanja, kawasan pantai Pangandaran menyediakan aneka jajanan maupun tempat belanja khas pantai, mulai dari kuliner pantai, seafood, aneka pakaian, serta keperluan lain. Bahkan untuk sekedar oleh-oleh pun di sini banyak warga membuka kios oleh-oleh khas Pangandaran. Objek wisata Pantai Pangandaran di Kabupaten Ciamis menjadi buruan para wisatawan untuk menghabiskan liburan panjang kali ini. Sekalipun jaraknya lumayan jauh dari Kota Bandung, sekitar 200 km arah timur laut. Namun tetap saja, Pantai Pangandaran jadi tempat pengunjung para wisatawan.

Mereka yang datang ke Pantai Pangandaran untuk menikmati keindahan alam dan pantai Pangandaran yang memesona. Terlebih jika sore menjelang, kawasan pantai barat Pangandaran pasti disesaki para wisatawan yang ingin menyaksikan indahnya sunset yang akan tenggelam diujung garis laut. Momen indah ini tentunya menjadi buruan bagi para wisatawan yang senang mengabadikan peristiwa alam tersebut dengan menggunakan aneka kamara termasuk kamera handphone. Sinar sunset yang kuning kemerahan dipantulkan melalui laut menjadikan suasana begitu romantis. Sementara langit yang hibar kemerahan menambah suasana semakin romantis. Tentunya suasana ini banyak dimanfaatkan kalangan muda-mudi untuk memadu kasih sambil menyaksikan indahnya sunset Pangandaran.

Sedangkan yang ingin menyaksikan sunrise, Anda tinggal melangkah ke kawasan pantai timur. Lokasinya tidak jauh dari pantai barat, paling jaraknya antara 500 meter – 1 km. Di kawasan pantai timur ini, selain bisa menyaksikan dan menikmati sunrise, Anda pun bisa menyaksikan para nelayan yang baru turun dari laut. Para nelayan ini mendarat ke pantai timur setelah mencari ikan semalaman di laut lepas. Atraksi yang tak jauh menarik, yakni atraksi jaring ikan. Dimana para nelayan di darat menarik jala ukuran besar dan lebar yang sebelumnya ditebar di tengah lautan. Bukan hanya menyaksikan, Anda pun bisa turut merasakan menarik jala dengan cara yang sederhana.

Berburu ikan segar tentunya menu yang tak boleh Anda lewatkan. Anda bisa membeli langsung dari nelayan, atau ikut adu tawar di tempat pelelangan ikan (TPI). Kesibukan para nelayan dan penadah di TPI bisa menjadi pemandangan yang unik. Yang satu menawar dengan harga murah, yang satu lagi bertahan diharga tinggi. Bila mencapai kesepakatan harga, proses jual beli pun terealisasi. Keindahan pantai Pangandaran memang tidak ada duanya. Para pengunjung bisa mandi sepuasnya di pantai yang luas dengan ombak yang terbilang ramah (jika musim timur). Tapi kalau musim angin barat, harus ekstra hati-hati terutama saat mandi di pantai. Anda harus senantiasa waspada gulungan ombak sekalipun kecil bisa menyeret Anda ke tengah lautan. Selain itu, banyak terdapat pusaran air yang bisa menjebak Anda di dalam air.

Oleh karena itu, penjaga pantai atau balawista setiap saat selalu memperingatkan wisatawan untuk berlaku hati-hati dan tidak melewati bendera merah tanda bahaya saat berenang. Jika hal ini tidak diindahkan, risiko ditanggung sendiri. Selain memiliki pantai yang bisa direnangi yang membentang sejauh 10 km, pantai Pangandaran pun memiliki pasir putih dibagian ujung Pananjung Pangandaran atau tepatnya dikawasan Cagar Alam. Untuk bisa sampai ke pasir putih, Anda bisa menggunakan perahu wisata yang disewakan warga setempat. Cukup merogoh kocek antara Rp 15.000 hingga Rp 25.000, Anda akan diantarkan dengan selamat ke pantai pasir putih.

Namun bagi Anda yang gemar berpetualang, mengelilingi pananjung cagar alam bisa jadi pilihan. Dengan menyewa satu perahu seharga Rp 150 ribu, Anda bisa menyaksikan keindahan alam pantai Pangandaran dari sisi lainnya. Banyak lokasi yang bisa dilihat, seperti batu layar, karang bolong, taman laut dan sebagainya. Memang untuk bisa menyaksikan keindahan Pangandaran di sisi lain ini dibutuhkan keberanian berlebih. Pasalnya, Anda hanya bisa mengarungi lautan lepas dengan menggunakan perahu sewaan untuk bisa menyaksikan eksotisme Pangandaran, selain di kawasan pantai barat dan pantai timur. Bagi yang senang nuansa hutan, Anda bisa berpetualang di cagar Alam Pananjung Pangandaran. Di kawasan cagar alam ini, sejumlah objek bisa Anda singgahi dan telusuri, seperti goa peteng, goa parat, batu gamelan, patilasan Prabu Siliwangi, situs sejarah peninggalan Kerajaan Pajajaran, serta benteng pertahanan Jepang.

Anda pun bisa menyaksikan sejumlah hewan liar, seperti kijang, monyet ekor panjang, landak, serta sejumlah burung laut dan burung liar. Bila kawenehan, Anda bisa menemukan banteng yang ada dikawasan tegalan cagar alam. Untuk masalah penginapan, jangan takut ada ratusan bahkan ribuan penginapan dan rumah warga yang bisa disewa dengan harga terjangkau. Sedangkan bagi yang senang berbelanja, kawasan pantai Pangandaran menyediakan aneka jajanan maupun tempat belanja khas pantai, mulai dari kuliner pantai, seafood, aneka pakaian, serta keperluan lain. Bahkan untuk sekedar oleh-oleh pun di sini banyak warga membuka kios oleh-oleh khas Pangandaran. Jadi jangan tunggu lama lagi, isi liburan bandung dengan berlibur di pantai.

Share