Wisata Di Kebun Strawberry Lembang Dengan Konsep Strawberry Walk

Wisata Di Kebun Strawberry Lembang Dengan Konsep Strawberry Walk

Selain di kawasan Batu, Malang, buah strawbery khususnya di Jawa Barat sebenarnya lebih dulu menjadi icon daerah Ciwidey ketimbang Lembang. Buah yang berasal dari negeri Paman Sam ini sudah mulai dibudidayakan di daerah Ciwidey dan Rancabali sejak tahun 1997, dan mulai marak pada sekitar tahun 2001. Yang menarik, saat ini banyak perkebunan strawbery di Lembang yang sengaja dibuat terbuka untuk umum dan dikemas dalam konsep agrowisata.

Selain dapat menikmati keindahan alamnya, para pengunjung yang datang ke kebun strawbery diperbolehkan untuk memetik sendiri. Konsep ini dikenal dengan istilah “strawbery walk.” Konsep seperti ini memberikan kepuasan tersendiri bagi wisatawan “Strawbery walk”, sebab pengunjung/wisatawan bisa memilih sendiri buah strawbery yang diinginkannya. tapi memang wisatawan harus siap merogoh kocek lebih dalam jika ingin menikmati kepuasan strawbery walk, pasalnya harga yang mesti wisatawan bayar memang cenderung lebih mahal ketimbang membeli buah strawbery dalam kemasan.

kebun strawberry

Harga per-kilogram biasanya berkisar antara Rp. 30.000,-hingga Rp.45.000,- Jika Anda singgah ke Lembang, Anda dapat mengunjungi lokasi-lokasi “wisata strawbery walk” yang letaknya tersebar dari mulai kawasan Cihideung, Kayu Ambon, jalan menuju Maribaya hingga jalan raya Tangkuban Parahu. Di sekitar Cihideung, Rumah strawbery dapat menjadi pilihan. Lokasinya tidak jauh dengan Café The Peak. Anda dapat menempuhnya melalui jalur Ledeng –Sersan Bajuri, Cimahi – Cisarua atau juga dari arah Lembang. Sayangnya untuk mencapai lokasi ini memang agak sulit jika harus menggunakan kendaraan umum.

Selain menawarkan berbagai menu olahan strawbery, dan konsep “strawbery walk”, di tempat ini jangan lewatkan pula untuk mencicipi nasi liwetnya yang khas. Tempat-tempat yang saya sebutkan tadi hanyalah beberapa lokasi agrowisata strawbery yang menerapkan konsep “strawbery walk”. Di luar itu, tentu masih banyak terdapat perkebunan lainnya, termasuk kebun strawbery yang dikelola secara pribadi oleh para petani Lembang. Kendati bersifat pribadi, namun tetap tidak menutup kemungkinan untuk Anda kunjungi bersama keluarga ataupun teman.

Nah, jika Anda sudah bosan dengan rekreasi yang hanya menikmati alam saja, dan ingin berwisata secara utuh dengan terlibat juga di dalamnya, berkunjung saja ke kebun-kebun strawbery di Lembang, dan cobalah untuk mencicipi hasil olahan buah strawbery yang Anda petik sendiri, seperti juice, milk shake, ice cream, dan lain sebagainya.

Share