Curug Lalay

Curug Lalay

Anda tahu apakah itu Lalay? Orang Sunda pasti sudah faham dengan arti Lalay. Lalay merupakan binatang kecil yang sering membuat jijik dan kebiasaan hidupnya di malam hari. Lalay itu Kelelawar. Jadi, Curug Lalay ialah Air Terjun Kelelawar. Mengapa dinamakan Curug Lalay? Karena ternyata di sekitar curug ini banyak sekali terdapat Lalay atau Kelelawar itu. Bagaimana dengan keadaan alamnya? Jangan tanya, soalnya Curug Lalay biisa dikatakan masih memiliki keasrian dan kealamian yang tinggi. Kesejukannya pun dijamin karena Curug Lalai berada di ketinggian 1.800 meter diatas permukaan laut (dpl).

Curug Lalay ini merupakan curug terakhir dari sebuah aliran sungai, karena ternyata di lokasi tersebut banyak terdapat curug lain yang lokasinya berada di atas Curug Lalay. Selain lokasinya yang terdapat dikawasan Bandung Utara yang berhawa sangat sejuk, curug layung juga berada pada ketinggian 1.400 meter dpl dan memiliki pemandangan yang sangat indah. Bagi para pencinta aktivitas di ruang yang terbuka serta dekat dengan alam, kawasan air terjun ini patut untuk dipertimbangkan menjadi destinasi wisata untuk mengisi liburan. Apalagi tidak sedikit aktivitas yang dapat dilakukan di tempat wisata yang satu ini. Lokasi curug layung tepatnya berada di Desa Kertawangi, wilayah Kecamatan Cisarua dan termasuk dalam Pemerintahan Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Curug Lalay

Curug Lalay

Karena lokasinya yang berada diwilayah kaki gunung tangkuban perahu, maka kita juga akan dimanjakan dengan hijaunya dari segala penjuru mata angi. Curug-curug lainnya yang berada di atas Curug Lalai yakni Curug Tilu, Curug Layung, Curug Cimahi, Curug Brugbug, dan terakhir Curug Lalay. Curug ini bisa dikatakan berdiam di tempat yang agak unik karena merupakan suatu tempat objek wisata air terjun yang ada di Walungan Cimahi, dimana termasuk pula dalam objek wisata alam Taman Hutan Raya Juandayang. Didalamnya juga terdapat dua curug lain yakni Curug Dago dan Curug Omas.

Curug Lalay ini merupakan sumber mata air panas kelima dari Lereng Gunung Tangkuban Perahu Bandung. Sebagai daerah tujuan wisata, Curug Lalay cukup ramai dikunjungi oleh para pengunjungngnya baik yang datang dari sekitar Bandung maupun dari luar Bandung. Sayangnya, sarana infrastruktur menuju kedua curug itu tidak memadai. Akses menuju curug hanya bisa dilalui dengan menempuh jalan setapak melalui Jalan Desa Cihanjuang dan Padaasih yang berupa tanah gembur. Banyak masyarakat dan pengunjung yang  menyayangkan karena kurangnya perhatian pemerintah untuk menata kedua curug itu. Sejatinya, kedua curug itu berpotensi sebagai objek wisata di Kabupaten Bandung Barat yang sangat potensial.

Share