Tempat Ngabuburit Di Bandung

Tempat Ngabuburit Di Bandung

Ngabuburit berasal dari kata “burit” (bahasa Sunda) yang artinya menjelang sore hari. Dalam konteks Ramadhan, ngabuburit bisa diterjemahkan sebagai kegiatan menghabiskan waktu menjelang berbuka puasa di sore hari. Salah satu aktivitas ngabuburit adalah jalan-jalan dan hang out dengan teman-teman dan keluarga tercinta. Sebenarnya ada banyak sekali pilihan ngabuburit di kota Bandung, namun saya akan memilihkan tempat yang jika dikunjungi tidak memerlukan biaya besar dan tidak perlu tiket masuk dengan harga mahal. Berikut ini adalah beberapa tempat ngabuburit di Bandung.

Alun-Alun Bandung

Alun-alun kota Bandung merupakan salah satu Tempat Ngabuburit Paling Asyik di Bandung. Tidak jauh dari alun-alun terdapat Masjid Raya, Parahyangan Plaza, Yogya Department Store, Kings dan Pasar Kokom (Kota Kembang). Di tempat ini pula anda dan keluarga tidak akan kesulitan menemukan takjil dan makanan berbuka puasa. Ada banyak sekali PKL dan tempat makan yang menjajakan makanan lezat dengan harga terjangkau. Oh ya dengan membayar 2000 rupiah saja, anda bisa naik lift ke Menara Masjid Agung Bandung dan menikmati Bandung dari ketinggian 80 meter.

Monumen Perjuangan

Bagi penggemar sepeda motor inilah tempat yang tepat untuk menghabiskan waktu berbuka puasa. Klub motor (bukan geng motor) sering gathering di Monju (monumen perjuangan) untuk memamerkan motor mereka, menjalin networking, menjajakan spare part sepeda motor tua, bahkan melakukan aksi fresstyle yang mengundang decak kagum penonton. Berbagai PKL yang menjajakan kuliner tumplek blek di Monju. Tidak perlu tiket masuk untuk ngabuburit di sini.

Taman Cikapayang

Taman Cikapayang

Dulunya Taman Cikapayang adalah lokasi SPBU, namun sejak 2000-an telah beralih fungsi menjadi taman kota dan landmark kota Bandung. Dago Car Free Day setiap hari Minggu pagi startnya ya di Taman Cikapayang ini. Tempatnya benar-benar ramai dengan anak muda dan juga berbagai komunitas yang ada di Bandung. bisa dibilang tempat ini telah menjadi semacam community gathering bahkan celebration. Jika waktu berbuka sudah tiba, anda tinggal menyeberang saja ke Jl. Dipatiukur. Disana tersedia banyak sekali ragam jajanan dan makanan lezat.

Lapangan Gasibu

Gasibu terletak persis di depan Gedung Sate (pusat pemerintahan provinsi Jawa Barat dan landmark kota Bandung). Lapangan yang ukurannya sama dengan lapangan sepakbola ini sejak abad 19  telah menjadi tempat community gathering warga Bandung. Hampir tiap minggu Gasibu ramai dengan acara seperti Festival, Launching produk, acara kesenian, dll. Jika tidak ada jadual acara maka Gasibu adalah tempat bermain, jajan dan olahraga keluarga.

Bukit Bintang

Jika anda ke tempat ini di pagi/siang hari, bukit bintang hanyalah sebidang tanah kosong. Namun menjelang sore apalagi di malam hari, baru ketahuan jika tempat ini menarik sekali. Dari ketinggian bukit bintang, anda dapat menikmati kerlap kerlip lampu di kota Bandung, selain tentu saja udaranya yang dingin. Belum banyak penjaja makanan disini. Untuk dapat menuju Bukit Bintang dapat dimulai dari Dago menuju Dago Pakar dulu, nanti ketemu pertigaan menuju Stone Cafe ambil jalan arah menuju kafe tersebut, begitu sampai di Stone Cafe ambil belokan ke kanan. Kendaraan umum tidak sampai lokasi, kalau terpaksa harus naik kendaraan umum, diteruskan lagi dengan ojek.  Bukit bintang ini dapat dijadikan sebagai salah satu objek wisata saat liburan di Bandung.

Share