Tips Memasak Makanan dengan Teknik Mengukus yang Benar

Tips Memasak Makanan dengan Teknik Mengukus yang Benar

Tips Memasak Makanan dengan Teknik Mengukus yang Benar

Mengukus merupakan metode memasak yang dapat dilakukan untuk menjaga kandungan zat gizi pada makanan. Seperti yang diketahui, bahwa makanan yang diperoses dengan cara digoreng akan mendapatkan tambahan kandungan lemak yang dapat memicu bertambahnya kadar kolesterol dalam tubuh. Oleh sebab itulah mereka-mereka yang ingin menyajikan makanan lebih sehat akan lebih memilih mengolah makanan dengan tekni mengukus dibandingkan dengan menggoreng. Nah, akan tetapi, mengukus makanan juga ada cara yang tepat ya. Jika tidak menerapkan tips memasak dengan teknik mengukus yang tepat, maka bisa jadi hasil masakan yang anda kukus justru terlalu matang atau mungkin tidak matang merata. Atau bahkan juga dapat merusak cita rasa dari makanan tersebut sendiri.

Nah, tips supaya hasil masakan yang dikukus bisa menjadi masakan yang lezat maksimal, simak tipsnya berikut ini :

Pakailah kompor dengan api sedang dan hindari penggunaan api besar selama mengukus. Tujuannya supaya air yang mendidih di dalam panci pengukus tidak terlalu bergolak. Pasalnya, pergolakan air mendidih yang over tentunya akan naik dan bisa menyentuh bahan makanan yang dikukus. Kalau sudah begitu, cita rasa atau bahkan warna dari bahan makanan dapat rusak karena pergolakan air mendidih tersebut. Didihkan air terlebih dahulu juga sebelum memulai untuk mengukus. Tips memasak ini juga berfungsi supaya tingkat kematangan dari bahan kukusan bisa lebih sempurna.

Jika mengukus sayuran, hindari mengkusnya sampai terlalu matang. Karena sayuran yang dimasak terlalu matang dapat mengurang kadar zat gizi yang dimiliki oleh sayuran tersebut. Bukan hanya itu saja, kalau mengukusnya terlalu lama tentu membuat sayuran pun teksturnya akan lebih lembek. Selain itu, apabila mengukus sayuran yang berkulit seperti kentang, kukus bersama dengan kulitnya juga supaya mengupasnya lebih mudah dan juga kandungan gizi dari sayur tersebut dapat lebih terjaga.

Kukus bahan makanan dengan bumbu rempah terbaik untuk memperkuat aroma makanan dan tentu tips memasak yang satu ini juga bermanfaat untuk menambah cita rasa lezat pada masakan. Bumbu rempah terbaik dapat anda tambahkan pada air pengukusan.

  1. Gunakan air seperempat bagian dari panci pengukus saja, jangan banyak-banyak. Jumlah air tentunya mempengaruhi hasil masakan yang dikukus. Ini berkaitan dengan pergolakan air yang mendidih. Jika anda memberi air dalam jumlah yang banyak, saat mendidih air akan bergolak lebih tinggi tentunya yang bisa menyentuh makanan yang dikukus. Apabila air habis ketika mengukus belum selesai, anda tinggal menambahkan air lagi.
Share