Ternyata Ini Arti Logo Asian Games 2018 Yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Ternyata Ini Arti Logo Asian Games 2018 Yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Asian Games 2018 akan segera dilaksanakan tepatnya pada tanggal 18 Agustus 2018 mendatang. Sebagai tuan rumah dari event olahraga 4 tahunan tersebut, Indonesia tidak hanya menyiapkan para atlet yang akan ‘bertarung’, fasilitas dan akomodasi yang akan dipergunakan namun juga logo sebagai wajah Asian Games 2018. Logo Asian Games 2018 pertama kali diumumkan pada tanggal 28 juli 2016 di Kantor Staf Kepresidenan.

Pada logo perhelatan olahraga yang diikuti oleh negara di Asia ini mengusung tema Energy of Asia. Logo tersebut dipilih langsung oleh Presiden Joko Widodo dengan sketsa stadion Utama Gelora Bung Karno yang dilihat dari atas dan adanya matahari di bagian tengahnya. Menurut Imam Nahrawi selaku Menteri Pemuda dan Olahraga, jika logo tersebut menginterpretasikan harapan agar Indonesia dapat menunjukkan kehebatan saat Asian Games 2018. Namun, logo tersebut juga menggambarkan mengenai energi kuat dalam mempromosikan dan Merefleksikan Indonesia ke dunia.

Logo yang menunjukkan jadi diri Indonesia ke dunia ini merupakan hasil logo yang terpilih dari 11 karya yang sudah diseleksi. Setelah dipilih, logo yang akan menggantikan untaian bulu burung cenderawasih yang merupakan logo lama, akan dilaporkan ke KOI (komite Olahraga Indonesia dan INASOC (Indonesia Souh East Asian Games Organizing Commitee) ke OCA (dewan Olimpiade Asia).

Selain memperkenalkan logo Asian Games 2018, pada konferensi pers tersebut juga memperkenalkan 3 maskot yang sudah terpilih dengan arti yang berbeda-beda yang menggantikan maskot lama yaitu Drawa. 3 maskot tersebut melambangkan masing-masing hewan yang menjadi representasi 3 bagian di Indonesia yaitu Indonesia Barat, Indonesia tengah dan Indonesia timur. 3 maskot untuk Asian Games 2018 yang akan dilakukan di Jakarta-Palembang, adalah :

  • Bhin bhin yang merupakan burung cenderawasih, burung dari Indonesia Timur, yang mencerminkan strategi.
  • Atung yang merupakan rusa bawean yang merupakan hewan dari Indonesia bagian tengah, mencerminkan kecepatan.
  • Ika yang merupakan badak bercula satu yang merupakan hewan dari Indonesia bagian barat yang melambangkan kekuatan.
Share